Rabu, 13 Juli 2011

Delegasi China Anggap Jatim Mitra Penting

Surabaya - Delegasi China Zhang Jianhong menganggap Provinsi Jawa Timur sebagai mitra penting bagi negara itu di bidang perdagangan dan investasi.

"Kami menganggap Jatim sebagai mitra penting. Oleh karena itu kami akan menjalin kerja
sama yang lebih erat lagi," katanya usai menemui Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa.


Ia menjelaskan kedatangannya ke Jatim sebagai kunjungan balasan atas lawatan Gubernur Jatim ke China beberapa waktu lalu.

Zhang datang ke Jatim dengan mengajak para investor dan pengusaha dari berbagai bidang asal negeri "Tirai Bambu" itu.

"Kami membawa para investor dan pengusaha besar yang berkompeten di bidangnya, seperti konstruksi pembangunan jalan tol, kereta api, pelabuhan, dan tata kota," katanya.

Menurut dia, Jatim memiliki potensi yang luar biasa, baik dari segi sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan bahwa pemerintah China yang diwakili Zhang Jianhong sangat serius dalam membantu Jatim membangun infrastruktur.

Apalagi sebelumnya kontraktor asal China itu sudah menunjukkan keberhasilannya dalam membangun Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang melintas di atas Selat Madura.


"Untuk itu, dalam membangun hubungan persahabatan kedua negara diperlukan harmonisasi jangka panjang, utamanya dibidang investasi yang dampaknya dapat menyejahterakan masyarakat," katanya.

Ia berjanji akan memberikan kemudahan proses perizinan kepada pengusaha asal China yang berinvestasi di Jatim. Kemudahan itu juga diberikan kepada investor asing lainnya.

"Kami juga melihat banyak pengusaha Jatim yang sukses membuka usaha atau mendirikan pabrik di Shanghai dan Beijing China. Sudah saatnya para pengusaha Jatim yang ada di China untuk kembali dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia atau Jatim, karena China sudah berkembang cukup pesat," kata Gubernur.

0 komentar:

Posting Komentar