EKONOMI
ISLAM DAN KESEJAHTERAAN UMAT
Pengertian
Ekonomi Islam
Ekonomi Islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarkan aturan agama Islam dan didasari dengan tauhid sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun Islam.
Bekerja merupakan suatu kewajiban karena Allah swt memerintahkannya, sebagaimana firman-Nya dalam surat At Taubah ayat 105:
Dan katakanlah, bekerjalah kamu, karena Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman akan melihat pekerjaan itu.
Karena kerja membawa pada keampunan, sebagaimana sabada Rasulullah Muhammad saw:
Barang siapa diwaktu sorenya kelelahan karena kerja tangannya, maka di waktu sore itu ia .mendapat ampunan.
Beberapa ahli mendefinisikan ekonomi Islam sebagai suatu ilmu
yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan
alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas di dalam kerangka Syariah. Definisi lain
merumuskan bahwa ekonomi Islam adalah ilmu yang mempelajari perilaku seorang
muslim dalam suatu masyarakat Islam yang dibingkai dengan syariah.
Ekonomi dalam Islam adalah ilmu yang
mempelajari segala prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan
tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat).
LANDASAN –LANDASAN
EKONOMI ISLAM
Landasan akidah, nilai fundamental Islam menjadi landasan dalam
berbagai aktivitas termasuk aktivitas ekonomi. Akidah Islam menjadi keyakinan
dan sekaligus panduan bagi setiap muslim dalam melangkah sehingga aktivitas
duniawi tidak hanya berorientasi untuk berkarya secara materi namun juga memiliki
nilai tambah berupa kemenangan dan keuntungan (falaah) di akhirat.
Landasan akhlaq, ekonomi Islam merupakan bagian dari manifestasi
akhlaq Islam dalam bidang ekonomi. Nilai dan kehormatan pada diri seorang
manusia ditentukan oleh kualitas akhlaqnya. Akhlaq dalam Islam merupakan nilai
yang strategis dalam eksistensi kehidupan manusia karena akhlaq menyangkut
aspek yang multidimensional. Islam mengatur bagaimana akhlaq manusia dengan
penciptanya, akhlaq manusia dengan lingkungannya, akhlak manusia dengan
sesamanya kesemuanya itu diatur untuk bisa menghadirkan suatu tatanan kehidupan
yang lurus dan tertib selaras dengan prinsip dasar ajaran Islam. Akhlaq Islam
dalam bidang ekonomi menyangkut semua dimensi dan aktivitas ekonomi sehingga
tercapai keselarasan dan kesinambungan (sustainability) pembangunan bagi
kesejahteraan umat manusia.
Allah SWT telah
berfirman dalam Al-Qur’an :
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk." (QS Al-Bayyinah : 7)
Landasan syariah, yang meliputi sumber-sumber otentik dalam Islam untuk menjadi rujukan dalam pengambilan hukum dan dalil-dalil agama. Landasan syariah Islam meliputi Al-Qur’an &Sunnah, Landasan syariah Islam diatur untuk menjaga kehidupan manusia dari kekacauan pada semua aspek kehidupan baik menyangkut kehidupan individu maupun sosial, aspek ekonomi, politik, budaya, seni, dan sosial.
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk." (QS Al-Bayyinah : 7)
Landasan syariah, yang meliputi sumber-sumber otentik dalam Islam untuk menjadi rujukan dalam pengambilan hukum dan dalil-dalil agama. Landasan syariah Islam meliputi Al-Qur’an &Sunnah, Landasan syariah Islam diatur untuk menjaga kehidupan manusia dari kekacauan pada semua aspek kehidupan baik menyangkut kehidupan individu maupun sosial, aspek ekonomi, politik, budaya, seni, dan sosial.
Al-Qur’an sangat banyak
mendorong manusia untuk melakukan bisnis. Diantaranya Al-Qur’an memberi
pentunjuk agar dalam bisnis tercipta hubungan yang harmonis, saling ridha,
tidak ada unsur eksploitasi dan adanya larangan riba yg ditulis dalam
Al-quran QS.Al baqoroh ayat 188: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah
kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan
jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. dan janganlah
kamu membunuh dirimu; Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu."
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَ
تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ
تُفْلِحُونَ
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman,
janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada
Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. "
Rasulullah sendiri adalah seorang pedagang bereputasi
international yang mendasarkan bangunan bisnisnya kepada nilai-nilai ilahi atau
islam. Dengan dasar itu Nabi membangun sistem ekonomi Islam yang tercerahkan.
Prinsip-prinsip bisnis yang ideal ternyata pernah dilakukan oleh Nabi dan
para sahabatnya. Realitas ini menjadi bukti bagi banyak orang, bahwa tata
ekonomi yang berkeadilan, sebenarnya pernah terjadi, meski dalam lingkup
nasional, negara Madinah. Nilai, spirit dan ajaran yang dibawa Nabi itu,
berguna untuk membangun tata ekonomi baru, yang akhirnya terwujud dalam tata
ekonomi dunia yang berkeadilan.
PERANAN
EKONOMI ISLAM DALAM TEORI EKONOMI
Seorang sarjana Eropa bernama Josep
Schumpeter mengatakan bahwa adanya jurang pemisah yang besar dalam sejarah
pemikiran ekonomi selama kurang lebih lima
ratus tahun yang lalu, yaitu masa yang dikenal sebagai masa kegelapan. Masa
kegelapan kebodohan dan keterbelakangan Eropa tersebut sebenarnya adalah masa
kegemilangan dan kejayaan Islam,yaitu pada masa Daulat Bani Umayyah dan Daulat
Bani Abasiyah, Islam berkembang pesat sampai ke Spanyol oleh tokohnya yang
terkenal Tariq bin Siyad. Suatu hal yang mereka sembunyikan oleh Eropa sebab
pemikiran-pemikiran ekonomi Islam pada masa inilah yang kemudian banyak dicuri
oleh para ahli ekonomi Barat dan diboyong ke negaranya ditelaah dan
dikembangkannya.
Proses
pencurian ilmu ekonomi Islam oleh dunia Barat mengambil beberapa bentuk, yang
antara lain dapat digambarkan sebagai berikut. Dalam abad ke 11 dan ke 12, sejumlah pemikir Barat seperti
Constantine the African, Adelard of Bath sengaja melakukan perjalanan ke Timur
Tengah, belajar bahasa Arab, dan melakukan penggalian serta membawa ilmu-ilmu
baru (Islam) ke Eropa. Misalnya, Leonardo Fibonacci belajar di Bougie, Aljazair
pada abad ke 12, belajar aritmatika
dan matematikanya Al- Khawarizmi dan sekembalinya menulis beberapa buku
diantaranya Liber Abaci pada tahun 1202.
Belakangan
banyak mahasiswa dari Italia, Spanyol, dan Prancis Selatan yang belajar di
Pusat Perkuliah Islam untuk belajar berbagai ilmu antara lain matematika,
filsafat, kedokteran, kosmografi, dan menjadi kandidat guru besar di
universitas-universitas pertama di Barat yang menggunakan pola pengajaran di
Pusat Perkuliah Islam, termasuk kurikulum, serta metodologi pemblajaranya.
Universitas
Naples, Padua, Salerno,
Toulouse, Salamaca, Oxford,
Montpelleir, dan Paris
adalah beberapa Negara yang meniru Pusat-Pusat Perguruan Islam (Jamiah
Islamiyah) di Timur Tengah. Sepulangnya Raymond Lily tahun 1223 -1315.M yang
telah melakukan perjalanan jauh ke Negara-negara Arab, ia mampu berbahasa Arab,
banyak menulis tentang kekayaan keilmuan Arab, the Council of Vienna di tahun
1311 Masehi dengan bangga mendirikan lima universitas yang mengajarkan bahasa
Arab, hingga banyak yang kemudian menerjemahkan karya ekonom Islam.Beberapa
penerjemah karya-karya Islam kedalam bahasa mereka antara lain ialah : Adelard
of Bath, Constantine the African, Michael Scot, Herman the German, Dominic
Gundislavi, John of Seville, Plato of Tivoli, William of Luna, Robert Chester,
Gerard of Cremona, Theodorus of Antioch, Alferd of Sareshel, Berengar of
Valencia, dan Mathew of Aquasparta
Bahkan bapak Ekonomi Barat, Adam Smith pada tahun 1776.
M, dengan bukunya The
Wealth of Nation diduga banyak mendapat inspirasi dari buku Al Amwaknya
Abu Ubaid di tahun 838 ; M yang dalam bahasa Inggrisnya adalah persis judul
bukunya Adam Smith, The
Wealth. Demikianlah
yang terjadi pada masa itu ternyata ilmu-ilmu Islam telah diboyong oleh ekonom
Barat demikian banyaknya.
PERBEDAAN EKONOMI ISLAM
DAN KAPITALIS
Paradigma perekonomian
yang banyak bemunculan saat ini, merupakan bentuk dari ketidakpuasan
masyarakat terhadap sistem ekonomi yang selalu berganti. Seperti, adanya penerapan
sistem kapitalisme, yang mana adanya upaya untuk mencari keuntungan yang
sebesar besarnya dengan modal yang seefisien mungkin. dalam berbisnis hal ini
merupakan pandangan individualis system kapitalis. Seperti yang kita ketahui
system ini sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat kecil, yang kaya
semakin kaya dan yang miskin semakin miskin,
cara pandang kapitalis telah melenceng dari hakekat sebuah ekonomi. yang mana ekonomi itu sendiri selalu identik dengan terwujudnya suatu kesejahteraan, keadilan, keseimbangan dan pertanggung jawaban kapitalis tidak melihat kepada tujuan sebuah system ekonomi, kapitalis hanya memikirkan bagaimana supaya bisa mendapat untung, meskipun harus merugikan pihak lain, system kapitalis tidak mengedepankan kesejahteraan yang merupakan tujuan atau hakekat dari sebuah ekonomi.
Selain dari pada itu, adanya sikap transaksional yang dapat menumbuhkan sikap mementingkan diri sendiri atau kepentingan diri (individu).bila ini mengejala, maka, pemahaman ini akan menjadi paham individualisme, yang akan menciptakan juga hidup ekslusivisme anti sosial dan hilangnya kepekaan social.
Timbulnya permasalahan dan gejala ekonomi masyarakat yang hanya mementingkan sebelah pihak, merupakan tidak idealnya system yang ada. Karena sistem kapitalis merupakan sutu system ekonomi yang banyak berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat maka perlu adanya suatu pembaharuan dalam bentuk system perekonomian, oleh karena itu, adanya system ekonomi islam menjadi system alternative untuk memperbaharui sytem yang ada dan berdasarkan nilai nilai islam dan akan menjadi alternative sebagai pengganti dari system kapitalis
cara pandang kapitalis telah melenceng dari hakekat sebuah ekonomi. yang mana ekonomi itu sendiri selalu identik dengan terwujudnya suatu kesejahteraan, keadilan, keseimbangan dan pertanggung jawaban kapitalis tidak melihat kepada tujuan sebuah system ekonomi, kapitalis hanya memikirkan bagaimana supaya bisa mendapat untung, meskipun harus merugikan pihak lain, system kapitalis tidak mengedepankan kesejahteraan yang merupakan tujuan atau hakekat dari sebuah ekonomi.
Selain dari pada itu, adanya sikap transaksional yang dapat menumbuhkan sikap mementingkan diri sendiri atau kepentingan diri (individu).bila ini mengejala, maka, pemahaman ini akan menjadi paham individualisme, yang akan menciptakan juga hidup ekslusivisme anti sosial dan hilangnya kepekaan social.
Timbulnya permasalahan dan gejala ekonomi masyarakat yang hanya mementingkan sebelah pihak, merupakan tidak idealnya system yang ada. Karena sistem kapitalis merupakan sutu system ekonomi yang banyak berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat maka perlu adanya suatu pembaharuan dalam bentuk system perekonomian, oleh karena itu, adanya system ekonomi islam menjadi system alternative untuk memperbaharui sytem yang ada dan berdasarkan nilai nilai islam dan akan menjadi alternative sebagai pengganti dari system kapitalis
Islam memandang manusia sebagai mahluk social yang memerlukan bantuan orang lain, yang tidak memungkinkan untuk hidup tanpa bantuan orang lain. Selain kehidupan social , islam juga mengatur kehidupan masyarakat dalam bidang ekonomi. dalam islam tidak di berlakukannya hidup diatas penderitaan orang lain, begitu juga dengan tidak berlaku system mengambil keuntungan yang sebesar besarnya dan modal yang sekecil kecilnya. Islam memandang ekonomi sebagai prilaku dalam menjalankan suatu system untuk memenuhi suatu kebutuhan, prilaku inilah yang sangat di tekankan oleh islam, yaitu prilaku yang berdasarkan nilai nilai islam.
PERANAN EKONOMI ISLAM DALAM PEREKONOMIAN
Diantara peran ekonomi islam dalam merubah paradigma system
ekonomi adalah dengan menerapkan system etika karna islam merupakan sumber
nilai dan etika dalam berbisnis, islam memiliki wawasan yang luas dalam
etika bisnis, islam berangkat dari nilai dan etika dan islam mengedepankan
etika, tidak seperti ekonomi yang lainnya mengabaikan nilai dan etika dalam
berbisnis mereka hanya bertujuan untuk untung untung saja tidak melihat norma
norma dan etika etika yang berlaku.
System ekonomi islam mengedepankan etika dan moral dalam menjalankan sebuah system ekonomi. Etika dan moral disini telah mencangkup kesegala aspek daintaranya etika dalam berbisnis, etika dalam berfikir ekonomis, etika dalam mencari keuntungan dll. Dan hal yang paling terpenting dalam menjalankan suatu system ekonomi di sini tidak terlepas dari nilai nilai islam, Al Quran dan sunnah.
Syed Nawab Haidar Naqvi, dalam buku “Etika
dan Ilmu Ekonomi: Suatu Sistesis Islami”, memaparkan empat etika ekonomi,
yaitu, tauhid, keseimbangan (keadilan), kebebasan, dan tanggung jawab.System ekonomi islam mengedepankan etika dan moral dalam menjalankan sebuah system ekonomi. Etika dan moral disini telah mencangkup kesegala aspek daintaranya etika dalam berbisnis, etika dalam berfikir ekonomis, etika dalam mencari keuntungan dll. Dan hal yang paling terpenting dalam menjalankan suatu system ekonomi di sini tidak terlepas dari nilai nilai islam, Al Quran dan sunnah.
Tauhid merupakan wacana teologis yang mendasari segala aktivitas manusia, termasuk kegiatan bisnis. Tauhid menyadarkan manusia sebagai makhluk ilahiyah, sosok makhluk yang bertuhan. Dengan demikian, kegiatan bisnis manusia tidak terlepas dari pengawasan Tuhan, dan dalam rangka melaksanakan titah Tuhan.
Keseimbangan dan keadilan, berarti, bahwa perilaku bisnis harus seimbang dan adil. Keseimbangan berarti tidak berlebihan (ekstrim) dalam mengejar keuntungan ekonomi. Kepemilikan individu yang tak terbatas, sebagaimana dalam sistem kapitalis, tidak dibenarkan. Dalam Islam, Harta mempunyai fungsi social yang kental
Kebebasan, berarti, bahwa manusia sebagai individu dan kolektivitas, punya kebebasan penuh untuk melakukan aktivitas bisnis. Dalam ekonomi, manusia bebas mengimplementasikan kaedah-kaedah Islam. Karena masalah ekonomi, termasuk kepada aspek mu’amalah, bukan ibadah, maka berlaku padanya kaedah umum, “Semua boleh kecuali yang dilarang”. Yang tidak boleh dalam Islam adalah ketidakadilan dan riba. Dalam tataran ini kebebasan manusia sesungguynya tidak mutlak, tetapi merupakan kebebasan yang bertanggung jawab dan berkeadilan.
Pertanggungjawaban, berarti, bahwa manusia sebagai pelaku bisnis, mempunyai tanggung jawab moral kepada Tuhan atas perilaku bisnis. Harta sebagai komoditi bisnis dalam Islam, adalah amanah Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.
Demikianlah, sekelumit perbedaan pandangan antara prilaku system kapitalis dan islam dalam menjalankan roda perekonomian masyarakat.
1 komentar:
iletag koc
Posting Komentar